Cara Mengolah Database MySQL Melalui CMD

database-mysqlAssalamualaikum, semoga pembaca dalam keadaan sehat atau menuju keadaan yang sehat. Pada tulisan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai basis data alias database. Dalam kasus ini saya menggunakan layanan mysql dari xampp, mari kita langsung ke pembahasan.

Teman-teman yang membaca tulisan ini saya asumsikan sudah menginstall xampp di komputer teman-teman. Jika menggunakan layanan MySQL yang lain silakan sesuaikan. Jika belum menginstall xampp silakan ke postingan sebelumnya. – Pengenalan MySQL

Pertama: start dulu servisnya di xampp

xampp

Masuk ke CMD

Untuk langkah pertama kita masuk ke command prompt (CMD). Banyak cara untuk masuk ke CMD ini. Salah satunya yaitu dengan menekan Windows + R lalu ketikkan cmd lalu OK atau enter:

run-cmd
Cara lainnya bisa dengan menekan tombol windows atau biasa kita kenal dengan start lalu ketikkan cmd atau command prompt. Kemudian pilih Command Prompt maka akan muncul tampilan, kira-kira seperti ini:

tampilan-cmd

Masuk ke Servis

Mundur ke drive tempat kalian menginstall xampp. Jika kalian menginstall xampp di folder default pengaturan xampp (C:\xampp) maka cukup mundur ke drive C dengan cara mengetik cd .. (cd spasi titik-titik) dua kali, seperti ini:

ccd adalah perintah untuk change directory atau pindah folder, kemudian titik-titik tersebut berarti kita pindah ke folder di belakang lokasi sekarang sejauh satu tingkat. Jika mau langsung dua tingkat maka perintahnya adalah cd …. (cd, spasi, titik-titik, back slash, titik-titik) maka kita akan langsung berada di drive C. Jika teman-teman ingin pindah ke drive D maka bisa mengetikkan D: lalu enter.

Setelah berada di drive tempat menginstall, maka kita harus menuju ke bin terlebih dahulu. Caranya dengan perintah cd xampp\mysql\bin. Atau bisa dengan masuk ke foldernya secara bertahap dengan cd xampp enter cd mysql enter cd bin enter. Setelah sampai ke bin maka saatnya kita masuk ke mysql. Caranya dengan cara mengetikkan perintah mysql -u root. Jika sudah masuk maka akan muncul tampilan mysql> yang menandakan kita sudah masuk. — (Saya menginstall xampp di drive D) seperti ini:

mysqlJika sudah tampil seperti ini kita tinggal mengetikkan query-query yang kita inginkan.

Note:

  1. Jika kalian pernah membaca tutorial yang masuk ke mysql dengan perintah mysql -u root -p maka akan dimintai password. Hal ini dikarenakan perintah itu digunakan untuk masuk ke mysql yang menggunakan password. Jika teman-teman menginstall xampp tanpa password cukup menulis perintah sampai ke root saja tanpa strip p.
  2. Jangan lupa untuk mengaktifkan layanan mysql-nya di xampp
  3. Setiap perintah query harus diakhiri dengan tanda titik koma (;)
  4. Jika perintah query sudah terlanjur di enter maka baris selanjutnya (>) cukup ketikkan titik koma (;) lalu enter

Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan kontak saya untuk kita diskusikan. Happy Browsing!!!

About the Author

Assalamualaikum. Saya Ahmad Mazlan, Programmer muda yang masih belajar dan ingin segera berbagi tentang dunia programming. Siapa pun bisa membuat program, yang mereka butuhkan hanya belajar. Semua bisa menjadi Programmer selama memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan